monggo mampir...

Mari mampir di blog yang sederhana ini, tentang masak-memasak dan uplek-uplekan di dapur (pawon=bhs jawa)....

Sabtu, 19 Desember 2009

Bolu Pisang

Beberapa hari ini lihat-lihat resep kue bolu pisang jadi pingin nyoba. Yang kuinginkan bolu yang terasa pisangnya tapi lembut dan berisi. Selama ini kalau bikin bolu pisang selalu padat dan agak keras, apalagi kalau sudah dingin, wah...harus cari segelas susu anget untuk menikmatinya (bolunya dicelup ke susu gitu...). Nah, kemarin nemu resep bolu pisang yang lain dari yang lain, dengan metode sponge cake (kocok telur+gula baru bahan lain) dari blognya Mbak Ratih (dapuratih.blogspot.com), makasih ya Mbak Ratih...

Akhirnya tadi pagi kubikinlah kue itu...ini resepnya :
Bahan :
A. 5 kuning telur
200 gr gula pasir (aku : 175 gr)
1 sdt TBM (aku: ovalet)

B. 200 gr terigu + 25 gr maizena (aku: trigu 225 gr)
baking powder 5 gr (aku: 1/2 sdt)
soda kue 5 gr (aku tidak)
garam 1/2 sdt (aku tidak)
4 putih telur, kocok kaku
3 bh pisang ambon mateng sekali dihaluskan (aku: pisang uli, pisang ambonnya hbs dimakan anak2...)

C. 100 cc susu kental manis (aku : susu segar + 1 sdm gula pasir campurkan ke pisang halus)
100 gr keju parut
3 sdm air jeruk (aku tidak)

D. 100 gr butter cairkan (aku : blue band)

Cara membuat :
1. Kocok bahan A sampai mengembang
2. Masukkan bahan B bergantian, tepung, pisang+susu, putih telor kocok sampai habis
3. Masukkan bahan C (keju parut saja)
4. Terakhir masukkan bahan D
5. Lalu oven selama 45 menit, loyang bebas saja...

Seperti ini adonannya :







Setelah menunggu kurleb 45 menit, matenglah bolunya...hm haruum... hasilnya bener kuenya lembut....walau resepnya kuganti-ganti..:), pisangnya sih masih kurang begitu terasa karena bukan pisang ambon yang kupake, tapi lumayanlah.....ada sedikit...kurang, agak seret sedikit...aja (sedikit bgt, kata my daughter sih enggak seret kok :)), nanti lagi akan kucoba tambah 10 gr margarin deh.
Memang bener, dengan sedikit repot memisahkan putih dengan kuning telur saat ngocok, hasilnya jauh lebih bagus daripada dicampur.
Selamat mencoba...:))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar