monggo mampir...

Mari mampir di blog yang sederhana ini, tentang masak-memasak dan uplek-uplekan di dapur (pawon=bhs jawa)....

Selasa, 15 Desember 2009

Eksperimen Singkong



Singkong, bahan makanan yang banyak terdapat di sekitar kita, di tempatku tinggal lumayan banyak juga karena kebetulan aku tinggal ga jauh dari kampung Ranca Oray kecamatan Bojongsoang kabupaten Bandung. Tiap hari ada mamang tukang jualan singkong keliling komplek. Bapaknya anak2 paling sebel dengan bahan makanan ini, padahal dulu getuk dan tiwul (yg jelas2 dr singkong) adalah jajanan favoritku...secara aku memang wong ndeso, hehe... Dan diapun seneng banget dengan gathot (bukan gathotkoco...!)yg notabene jg dari singkong, weleh! Tapi heran banget, kalo lihat aku beli singkong, langsung deh "mencureng" wajahnya, "panganan kok telo!".... Tapi aku tetep ngeyel kok, artinya tetep beli singkong untuk dibuat bermacam-macam panganan, dari utri (katimus =sunda), bolu singkong, singkong keju/merekah, kue kacamata (putri noong = sunda), kolak, comro, misro, dll..

Kali ini aku nemu suatu resep dari temen (sdh hasil gunting, jd ga tahu dr tabloid apa) dari singkong, namanya Kue Mandala. Bentuknya seperti nastar dengan isi pisang di dalamnya. Nah ini resepnya :

Bahan :
  • 500 gr singkong kupas, kukus, haluskan
  • sedikit garam dan vanili
  • 50 ml santan kental
  • 2 buah pisang uli atau raja(tp dapetnya pisang nangka)
  • 2 kuning telur untuk olesan                                           
Cara membuat :
1. Campur singkong halus (getuk ya namanya) dengan garam dan vanili serta santan. Lalu kuicipin, eh rasanya kok hambar....lalu kutambah saja gula 3 sdm, garam, mentega dan sedikit kuning telur, diicip lagi....nah sudah lebih lumayanlah.

2. Ambil satu sendok adonan, isi dengan potongan pisang, bulatkan. Boleh juga diisi meises coklat atau pisang+meises atau isi lain sesuka hati. Atur di loyang, oles kuning telur, lalu oven sampai matang.

Nah jadilah kuenya, rasanya seperti getuk....ya memang getuk, cuma agak lain aja, lebih gurih dan harum....dan kerasa pisangnya sedikit asem, ya nanti2 coba dengan pisang raja ah. Kayaknya kalau ditambah keju lebih ok lagi nih....




Anak-anak seneng juga, si sulung yang biasanya ga suka singkong, ternyata yang ini doyan dia. Dan bapaknyapun mau...aneh ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar