monggo mampir...

Mari mampir di blog yang sederhana ini, tentang masak-memasak dan uplek-uplekan di dapur (pawon=bhs jawa)....

Sabtu, 26 Desember 2009

Pecel Lele

Hari ini Brina (my daughter-5) minta dibuatin soto. Kesukaan dia adalah soto bandung yang pakai lobak itu. Tapi kakak-kakaknya ingin soto kuning (semacam soto lamongan) yang pelengkapnya lebih banyak, kripik kentang taoge, soun dan lain-lain itu. Karena soto lobak sudah sering bikin kemarin-kemarin, jadi sekarang mantaplah mau bikin soto kuning. 
Nah, karena ini dan itu, akhirnya jam 08.30 barulah berangkat ke pasar (aku pingin beli filet ayam yang ada di pasar Kordon, ga ada di warung sayur sekitar rumah). Wah...kesiangan! filetnya udah habis.... duh gmn ya? Aku males pake ayam yang berkulit dan bertulang...hehe... Akhirnya ganti menu aja...pilihan jatuh pada pecel lele. Rasanya sudah beberapa lama ga bikin masakan ini.
Akhirnya beli lele 1,5 kg, slada, timun, kemangi, tomat, cabe dan lain-lain...

Lele digoreng seperti biasa saja setelah dilumuri bumbu-bumbu bawang putih, kunyit dan garam.
Sambelnya pake sambel terasi yang ditambah dengan sedikit kemiri dan air jeruk purut. Kali ini takaran sambelku adalah 2 buah tomat, 4 bawang merah, 2 cabe merah, 5 cabe rawit, terasi (asli Tuban yang dibawain sama Ibu Mertua...), 2 kemiri, dan 2 buah jeruk purut, garam dan gula (merah dan putih) secukupnya. 
Ini hasilnya........(wa...lelenya cuma kelihatan kepalanya...hehe...)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar