monggo mampir...

Mari mampir di blog yang sederhana ini, tentang masak-memasak dan uplek-uplekan di dapur (pawon=bhs jawa)....

Rabu, 30 Desember 2009

Dadar Gulung




Kue ini sudah kubuat sejak
 masih sekolah di bangku SMP. Lalu tiap ada arisan keluarga di rumah aku selalu membuat dadar gulung. Kalau ada bulik dan mbak sepupu yang nanya, ini siapa yang bikin? Terus dijawab ibu (alm), Alfi.... wah bangga banget rasanya...Hahaha....masa kecil dulu... Apalagi dulu di desaku belum ada makanan-makanan lain selain jajan pasar getuk, utri, tape, kemplang, golang-galing (= odading)..... Dadar gulung termasuk "makanan baru"...
Dan pada saat aku sudah mempunyai buah hati yang buanyak....aku juga bikin kue ini, ternyata merekapun menyukainya....(apa ya yang ga disukai anak-anakku?)
Bahan
Untuk dadar :
- 400 gr tepung terigu
- 2 btr telur
- 2 sdm gula
- 100 ml susu segar(dulu sih ga pakai susu, air atau santan saja)
- air secukupnya
- sedikit garam
Isi (unti, enten) :
- 150 gr kelapa parut (agak muda, putih)
- 100 gr gula merah
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili (atau daun pandan disobek2)
- 50 ml air
Cara membuat
Isi :
Campur semua bahan, masak di api sedang, kalau mendidih kecilkan api, aduk-aduk, tunggu sampai air habis (awas...jangan gosong)
Dadar :
Kocok telur, gula, garam dengan sendok, lalu sedikit demi sedikit masukkan tepung terigu. Begantian dengan susu segar dan air. Aduk sampai rata benar. Lalu buat dadar tipis di atas wajan anti lengket. (wajan biasa juga bisa, oles sedikit minyak)
Setelah dadar jadi, isikan entennye dan digulung rapi. Kalau untuk di rumah aku bikin yang kecil-kecil saja, jadi anak-anak seneng bisa berkali-kali ngambilnya, hehe....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar