monggo mampir...

Mari mampir di blog yang sederhana ini, tentang masak-memasak dan uplek-uplekan di dapur (pawon=bhs jawa)....

Sabtu, 12 Desember 2009

Hebohnya Sabtu Ini.....

Ini adalah hari Sabtu. Hari yang seharusnya jadi weekend untuk sebagian besar kita, tapi tidak untuk aku. Anak-anak hari ini semua di rumah, hanya 2 anak saja yang masih sekolah, yang lain libur. Yang repot adalah memenuhi keinginan mereka akan makanan, semuanya berbeda. Seperti hari ini, si sulung ingin sarden, kedua mau yang manis-manis, yang ketiga terserah ibu saja... yang ke-empat susah makannya, apa-apa sulit masuk, yang kelima mau ikan lele dan waluh.... yang paling kecil harus makan yang lembut-lembut karena baru berumur 17 bulan....waahh....aku harus masak apa nih?

Terus satu lagi, ni anak ke-empat mau maen ke rumah temennya....karena maennya suka lama, jadi harus dibekelin dgn bekel yang cukup. Mesti bawa nasi, ceplokin telur saja....ada otak2 dikit, dibawain sekalian....mau bawa mangga juga, ya bolehlah.....

Si kakak yang kedua (Fida) sedang siap-siap untuk study tour ke Jogja...duh heboh.....ini itu hrs disiapin, baju ganti, alat mandi, alat shalat,....pake tas yang mana Bu....aku ga mau pake sepatu, sandal aja.....Mbak jangan lupa bawa payung....oiya bekelnya udah cukup ini saja......ya siplah...

Si kakak bungsu nangis lagi....mau idot...mau idot... buatin susu dulu buat Cemi sayang...nah udah tenang sekarang dia.

Back to masak, jadi masak apa ya? "Bi, ke warung dulu, masak ayam kuning, buat pecel sedikit saja, kelapa agak muda untuk serundeng, beli ubi utk bikin candil, dan jangan lupa tepung beras, kelapa dan gula merah ya Bi....untuk buat bubur sumsum....ya cukup deh, eh...krupuk Bi...." "Ya Bu", dan bibipun berangkat ke warung.
Sebentar kemudian bibi pulang dan mulailah masak.

Si mbak Fida nanya, "Bu, nanti dianter siapa ke sekolahnya?" "Ya, nanti tunggu Bapak pulang ya, sekarang sedang dalam perjalanan pulang dari Jakarta ..."
"Aku bawa kamera apa Bu?" Oiya ya, kamera belum disiapin, pake apa ya? apa harus bawa hapeku beberapa hari untuk anakku ini? Wah...belum berani melepas suatu barang yang rada2 berharga untuk dibawa jauh....anak-anak belum bisa menjaganya,...oya bawa kamera manual ajalah! "Fida bawa kamera manual aja gapapa ya? ntar diisi film dan ganti baterai dulu" "Ya Bu, gapapa, temen2 aku juga pada bawa kamera kaya gitu kok..." Ya syukurlah.....

Sabtu ini jam 11 siang aku harus pergi ke pengajian beberapa jam, selesai itu aku coba cek ke bapaknya anak-anak sudah sampai dimana. Sudah jam 2 siang, masih berkutat di macetnya Jakarta....Waduh! mulai panik nih.
Tunggu punya tunggu....sampai jam 4 sore masih belum berhasil keluar dari kemacetan, gimana nih....jam 5....panik bener. Bersamaan itu aku tiba2 terkena kolik di perut dan kepalaku berdenyut2 sakit sekali, duh...ga berani anter sendiri ke sekolah. Fida sudah gelisah, dan makin gelisah...akhirnya aku minta bantuan keponakan yang rumahnya lumayan jauh dari rumahku, "Sal, tolong ya, maaf bulik ndadak nih....., bla-bla-bla-bla...dst...." "Ya bulik, wah harus ngebut nih..."jawbnya. Alhamdulillah.... Akhirnya Mas Isal dateng dan berangkatlah Fida jam 7 malem dari rumah menuju sekolahnya, berkumpul dulu dan koordinasi dengan rombongan dst.... lega..
10 menit kemudian Bapak dateng dengan terengah2, istirahat sebentar dan nyusul Fida ke sekolah....hp yang mau dibawa Fida ketinggalan, mau disusulin dan juga mau mengantar keberangkatannya ke Jogja.
Lalu berangkatlah bapak...

Aku menunggu di rumah sambil tiduran untuk meredakan rasa sakit kepala yang masih tersisa. Beberapa jam kemudian, Bapak pulang..tapi wajahnya menyiratkan kekecewaan, kutanya kenapa? Ternyata bapak tidak berhasil ketemu dengan Fida, karena begitu kroditnya suasana disana....ya sudahlah....
Aku mau istirahat dulu....

2 komentar: