monggo mampir...

Mari mampir di blog yang sederhana ini, tentang masak-memasak dan uplek-uplekan di dapur (pawon=bhs jawa)....

Rabu, 20 Januari 2010

Kue Sukun

Agak lama nggak bisa ngisi blog....ada aja yang mengganggu, padahal sudah numpuk bahannya... oke dimulai lagi sekarang. 
Beberapa waktu lalu dikasih sukun sama tetangga, mau diapain ya? biasanya kan cuma digoreng atau dikukus saja, tapi aku mikir apa iya hanya bisa begitu olahan sukun? Aku inget dulu ibuku (alm) pernah membuat sayur dari sukun, dan ada temenku yang membuatnya menjadi kolak. Karena lagi coba2 bolu aku coba juga sukun kubuat bolu, bisa nggak ya? Dari hasil googling kudapati kalau mau mengolah sukun menjadi kue2an atau roti harus dibuat menjadi tepung dulu... wah....aku nggak sempet euy, mana lagi mendung terus gini, kapan keringnya si sukun?.....akhirnya kuolah sendiri aja begini :
Bahan :
- 1/2 buah sukun (+/- 400 gr)
- 4 btr telur
- 50 gr mentega
- 50 gr tepung terigu
- 150 gr gula pasir
- sedikit pasta pandan
Cara membuat :
- Sukun dikukus lalu haluskan
- Kocok sukun dengan mentega sampai tercampur benar
- Di tempat lain, kocok telur dan gula sampai mengembang
- Campurkan sedikit demi sedikit campuran sukun dengan kocokan telur, aduk, tambahkan terigu, aduk pelan sampai rata, lalu campurkan pasta pandan
- Lalu kukus selama +/- 30 menit
Nah begini hasilnya.... 

Rasanya seperti puding atau bolu kukus kentang, enak juga ternyata... Lainkali akan kucoba lagi supaya bisa menjadi bolu... :)

6 komentar:

  1. jane aku ora seneng sukun, tapi nek jare sing gawe blog iki enak yo... aku percoyo... tak incipine ya... :)

    BalasHapus
  2. main aja ke rumah...bawa sukun sekalian...nah tunggu sebentar nanti udah bisa ngicipin... :)

    BalasHapus
  3. mantep mbak buk...aku yo areo praktek nang pawonku hehehehehehe

    BalasHapus
  4. lagi nyobain resepnya alias praktek

    BalasHapus
  5. Wah penasaran. Itu gak harus sukun sing mateng bgt wrna kuning itu to? Aku jg g bgtu suka si. Tp eman2 , si sukun pada jatuh dr pohonnya.

    BalasHapus