monggo mampir...

Mari mampir di blog yang sederhana ini, tentang masak-memasak dan uplek-uplekan di dapur (pawon=bhs jawa)....

Rabu, 20 Januari 2010

Pancake (Dadar) Singkong

Awalnya aku akan membuat sawut....tapi gara-gara kutinggalin pas mau bikinnya tahu2 sudah jadi dibuat sama uwak....gagal...nggak seperti yang kuharapkan. Potongan singkong nggak pas, gulanya juga jadi aneh... terus kelapanya udah dicampur.... wah mau diapain ini? Akhirnya dibuat getuk aja....tetep nggak puas, soalnya singkongnya ternyata memang kurang bagus. Apa akan kubuat bolu? bingung ah. Kukocok saja telur dan campur-campur...nah jadi deh, apa itu?
Bahan :
- 400 gr singkong
- 70 gr gula merah
- sedikit kelapa parut
-  3 butir telur
- 8 sdm gula pasir
- 50 gr terigu
- 50 gr mentega 
- 200 ml susu segar
- Susu kental coklat
Cara membuat :
- Singkong dikukus, haluskan dengan gula merah dan kelapa parut. Lalu campur dengan susu segar sampai rata (nggak mrintil2 lagi)
- Kocok telur dan gula pasir sampai agak putih, lalu masukkan campuran singkong tadi, masukkan terigu, campur rata, terakhir mentega yang telah dicairkan
- Siapkan penggorengan (teflon), dadar tipis-tipis, lakukan sampai habis
- Sajikan dengan isian yang ada , apa saja boleh....selai, susu coklat, meises, apa saja yang disukai deh....tapi di rumah hanya ada susu kental coklat, ya sudahlah...





Walaupun sederhana begini, ternyata lumayan enak juga lo....apalagi kalau memakai singkong yang bagus, hasilnya tentu lebih enak....(acian banget isinya cuma susu coklat, duh...)

1 komentar: